Minggu, 21 Oktober 2012

SUPERKEEPERS



Superkeeper adalah karyawan yang mampu menghasilkan kinerja unggul, yang memberi inspirasi kepada karyawan lainnya untuk menghasilkan kinerja unggul juga Lance A Berger & Dorothy R Berger (Best Practices on Talent Management, PPM 2008)). Mereka adalah karyawan yang membentuk dan mewujudkan kompetensi inti organisasi / perusahaan. Mereka adalah para model peran keberhasilan. Biasanya jumlah mereka hanyalah 3-5 persen dari seluruh anggota organisasi.
Tentu saja para profesional di organisasi / perusahaan yang termasuk dalam kategori superkeeper ini akan menjadi key person dalam organisasi. “Hilangnya” atau absennya mereka akan berpengaruh pada kinerja dan pertumbuhan organisasi, karena kapasitas mereka sangat berdampak pada kinerja organisasi saat ini ataupun di masa yang akan datang.
Mengenai superkeeper di dalam perusahaan Microsoft, Bill Gates mengatakan, ”Take our 20 best people away from us and I can tell you that Microsoft would be an unimportant company." Orang-orang yang tergabung dalam superkeeper adalah orang-orang yang selalu menjadi problem solvers, dapat mengatasi masalah dan mendapatkan solusi bagi kemajuan perusahaan.
Orang-orang superkeeper yaitu yang menjadi key person di perusahaan, tentu saja tidak menjadi superkeeper dengan tiba-tiba, namun melalui sebuah proses yang tidak sebentar.
(sumber: internet)

Cara Mengidentifikasi Superkeepers

Langkah yang paling penting dalam mengidentifikasi Superkeepers adalah menemukan profil yang terbaik yang cocok dengan kebutuhan posisi dan budaya organisasi. Setiap organisasi memiliki budaya yang unik dan berbeda-beda satu sama lain. Dengan mendefinisikan unsur-unsur, kita dapat mencocokkan calon yang memiliki latar belakang tertentu, pengalaman kerja, dan kualitas personal dalam yang cocok. Konteks budaya harus diartikulasikan secara jelas. Bahkan, lebih sederhana lebih baik.
Langkah pertama adalah mendefinisikan budaya (nilai-nilai, kompetensi, keterampilan) dan mencocokkan dengan kualifikasi kandidat. Langkah kedua adalah melihat target perusahaan yang memiliki budaya yang sama. Langkah ketiga adalah untuk mengidentifikasi individu yang memegang posisi dalam perusahaan yang ditargetkan dan melihat apakah mereka memiliki manajemen, teknis, kepemimpinan, dan keterampilan inovasi dan gaya yang tepat yang sesuai dengan organisasi.

Cara Membangun Kekuatan dari Superkeepers

Pengembangan karir harus hati-hati dilakukan untuk Superkeepers sehingga mereka
merasa bahwa mereka memperoleh keterampilan baru, pengalaman baru, dan keberhasilan baru yang akan memperkuat nilai resume mereka, membuat mereka lebih berharga.


Menemukan dan Mempekerjakan Fast-Track Talent (Superkeeper)

Proses seleksi adalah langkah penting dalam membangun keterampilan dan
kompetitif tenaga kerja. Perekrutan sukses sangat penting dalam mengembangkan anggota tim masa depan yang akan menjamin kesuksesan organisasi. Memilih karyawan baru adalah keputusan pembelian yang paling penting dalam organisasi. Untuk memahami pentingnya keputusan pemilihan suara, satu perlu hanya melihat contoh usaha yang gagal di seleksi dalam berita bisnis terbaru. Glowing pers mengumumkan berita penerimaan karyawan baru, yang kemudian crash dan keluar sebelum setahun. Laporan tingkat turnover di hampir setiap industri muncul setiap hari, dengan peningkatan yang tak terelakkan dan dalam dolar yang dialokasikan untuk perekrutan dan aktivitas retensi. Penyebab terbesar dari omset seleksi karyawan yang lemah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar