Minggu, 21 Oktober 2012

Makalah MMP Bab 1


ANALISIS HUBUNGAN PERILAKU PRODUKTIF DAN MORAL KERJA DALAM MEMBENTUK IKLIM KERJA PRODUKTIF YANG DISERTAI MANAJEMEN PERUBAHAN


Bab I
Pendahuluan


1.1  Latar Belakang Masalah

Perilaku produktif sangat berpengaruh terhadap produktivitas suatu perusahaan. Karakteristiknya perilaku produktifnya pun sangat tergantung pada karakteristik individu yang akan berhubungan dengan keadaan iklim kerja. Iklim kerja yang baik akan menghasilkan produktivitas yang baik pula sehingga tujuan perusahaan pun semakin cepat tercapai dengan efektif dan efisien.
Moral kerja merupakan suasana batiniah seseorang yang mempengaruhi perilaku individu dan perilaku organisasi. Suasana batiniah itu terwujud di dalam aktivitas individu pada saat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Moral kerja yang tinggi merupakan dorongan bagi terciptanya usaha berpartisipasi secara maksimal dalam perusahaan untuk menghasilkan produktivitas yang tinggi.
Tak luput pula semua itu harus disesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi di dunia. Manajemen perubahan adalah manajemen perusahaan yang dilakukan sebagai pola dalam menghadapi berbagai perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis. Perubahan ini harus kita jadikan teman dalam memberikan peluang untuk bertumbuh dan berkembang.


1.2  Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah dalam makalah ini, penulis berpendapat bahwa adanya hubungan antara perilaku produktif, iklim kerja, moral kerja, dan manajemen perubahan. Semua itu berhubungan satu sama lain dalam rangka membentuk produktivitas yang efektif dan efisien. Sebab itulah diperlukan pembahasan lebih lanjut untuk produktif, iklim kerja, moral kerja, dan manajemen perubahan.

1.3  Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan perilaku produktif?
2.      Bagaimana cara membentuk iklim kerja produktif dan moral kerja yang baik?
3.      Apa yang dimaksud dengan manajemen perubahan?

1.4  Tujuan
1.      Memahami perilaku produktif serta karakteristiknya.
2.      Memahami cara membentuk iklim kerja produktif dan moral kerja yang baik
3.      Memahami manajemen perubahan dan cara menghadapinya