Senin, 28 Februari 2011

Derajat Kompetisi Dalam Ekonomi

Ketika perusahaan termotivasi oleh keuntungan, penggerakan persaingan perusahaan, dan stakeholder terkait untuk menjadi kompetitif, melalui proses pembuatan bisnis yang lebih menarik, serta efisien. Persaingan terjadi bila dua perusahaan bersaing untuk mendapatkan pelanggan yang sama atau mendapat sumber daya. Sering dalam sistem perdagangan bebas persaingan akan ada. Tapi perusahaan-perusahaan dalam berbagai industri tidak sama kompetitifnya satu sama lain, yang berarti bahwa karena kekurangan sumber daya mereka bersaing untuk pangsa pasar yang lebih tinggi, persaingan monopolistis atau oligopoli. Di bawah ini dibahas empat derajat kompetisi yang beroperasi dalam sistem perdagangan bebas.

Persaingan Sempurna

Terdiri dari organisasi lebih kecil yang beroperasi dalam pasar yang menawarkan barang yang sejenis, di mana tidak ada perusahaan yang bersaing untuk memiliki pangsa pasar yang lebih besar untuk mempengaruhi harga.

Persaingan sempurna memiliki ciri-ciri:

· perusahaan-perusahaan yang bersaing menawarkan produk hampir identik;

· pelanggan perusahaan-perusahaan ini sadar akan harga yang bervariasi dari barang yang identik;

· perusahaan baru lebih ingin untuk masuk ke dalam pasar ini karena aksesnya yang mudah serta kesempatan untuk meninggalkan pasar di masa mendatang.

Bentuk pasar persaingan sempurna terdapat terutama dalam bidang produksi dan perdagangan hasil-hasil pertanian seperti beras, terigu, kopra, dan minyak kelapa. Pada pasar ini terdapat pula perdagangan kecil dan penyelenggaraan jasa-jasa yang tidak memerlukan keahlian istimewa (pertukangan, kerajinan).

Persaingan Monopoli

Dalam pasar yang kompetitif, ada sejumlah besar perusahaan menyediakan produk bersangkutan yang identik, tapi cukup berbeda dari produk perusahaan lain. Salah satu yang paling menarik adalah variasi produk yang mempengaruhi harga.

Beberapa contoh perusahaan yang beroperasi dalam tingkat kompetisi ini akan iklan disediakan oleh Pepsi dan Coke.

Oligopoli
Oligopoli adalah industri atau pasar yang dibedakan oleh jumlah yang lebih kecil dari organisasi yang bersaing, perusahaan-perusahaan ini sering memiliki sisi aset dan penjualan yang besar, di mana keduanya memiliki kemampuan yang sama untuk mempengaruhi harga produk yang bersangkutan. Perusahaan yang ingin masuk akan sulit dan dibatasi karena memerlukan modal investasi yang lebih besar. Contoh oligopoli adalah Airbus dan Boeing, karena mereka menghasilkan sebagian besar pesawat komersial yang digunakan saat ini.

Monopoli
Di sinilah satu perusahaan atau lembaga yang menyediakan produk atau layanan yang memiliki kekuasaan tunggal untuk menaikkan / menurunkan harga saham yang mereka pilih. Ada hukum-hukum ditemukan di berbagai negara yang melarang monopoli, yaitu di Kanada.

Contoh monopoli adalah Telkom dan pos.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar